16 Feb 2017

Poklahsar Prima Melati Kecamatan Bojongsari Menjadi Tempat Praktek Kerja Industri (Prakerin) Siswa SMK 2 Purbalingga

FKP3D, Korwil Barat - Poklahsar Prima Melati Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Jawa Tengah telah menjadi salah satu tempat langganan bagi siswa-siswi SMK Negeri 2 Purbalingga untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (Prakerin).
Kegiatan Prakerin Siswi SMK 2 Purbalingga di Poklahsar Prima Melati
Pantauan dari Tim FKP3D Indonesia yang datang ke Unit Pengolahan Ikan Poklahsar Prima Melati hari ini Kamis, 16 Februri 2017 ada 4 orang siswi SMK yang sedang melakukan praktek membuat olahan abon ikan. Mereka merupakan siswi kelas 2 SMK yang mengambil konsentrasi jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian.

Rencananya, para siswi SMK tersebut akan melakukan Prakerin Selama 3 Bulan mulai bulan Februari hingga April 2017. Menurut Santi, salah satu anggota Poklahsar Prima Melati yang  sedang mendampingi siswi-siswi membuat abon lele, sudah selama 4 tahun berturut-turut unit pengolahan ikan Poklahsar Prima Melati selalu menjadi langganan bagi siswi SMK 2 Purbalingga untuk melakukan Prakerin.

Selain membuat olahan abon ikan, poklahsar Prima Melati juga membuat olahan beku berbahan dasar ikan air tawar. "Jadi, selain belajar dan praktek membuat abon ikan, pada kesempatan yang lain para siswi prakerin juga belajar membuat olahan beku seperti otak-otak, bakso, nugget, dan gelantin (rolade-red)" terang Santi.

Perlu diketahui bahwa Poklahsar Prima Melati merupakan Kelompok pelaku utama binaan penyuluh perikanan kecamatan Bojongsari, kabupaten Purbalingga yang secara konsisten telah memproduksi olahan ikan air tawar dan berhasil menjadi Juara II Kelompok Perikanan Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2015.

Saat ini, produk-produk poklahsar Prima Melati dengan brand "Marisa" telah dipasarkan di berbagai outlet di kota Purbalingga, Purwokerto dan sekitarnya dengan rata-rata perputaran produk perbulan mencapai 300-500 kg. Selain dijual secara retail, produk "Marisa" juga telah dijual secara online dan telah dikirim ke hampir semua daerah di Indonesia.
Share:  

0 komentar:

Posting Komentar