30 Nov 2016

Peran Serta Penyuluh Perikanan PNS Kabupaten Jombang dalam Memperingati Hari Ikan Nasional

FKP3D, Korwil Barat - Selasa, 29 November 2016, Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) yang jatuh pada tanggal 21 November kemarin, di Desa Peterongan, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur telah diselenggarakan acara gemarikan dan penilaian Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).
Berbagai rangkaian kegiatan Hari Ikan Nasional di desa Peterongan, Jombang, Jawa Timur
Acara gemarikan yang dihadiri 3 pilar di desa tersebut, yaitu Kepala Desa, Babinsa dari Koramil dan Babinkamtibmas dari Polsek diisi dengan kegiatan makan olahan serba ikan secara gratis. Acara makan ikan gratis yang pesertanya dari anak-anak murid SD, anggota/ peserta posyandu balita, warga usia lansia, dan para remaja ini diselenggarakan oleh PKK Kec. Peterongan dan perwakilan PKK dari Kabupaten Jombang.

Komoditas ikan yang dimasak dan dibagian secara gratis adalah ikan air tawar jenis Nila, Gurame, Patin dan Lele. Acara makan olahan serta ikan ini berlangsung cukup meriah dan sangat ramai. Atusiasme terutama murid-murid SD untuk makan ikan terlihat sangat tinggi.

Kegiatan makan ikan gratis ini merupakan inisiasi dari penyuluh perikanan setempat, Sigit Prasetya Y., S.Pi. Melalui fasilitasi Sigit, kegiatan makan ikan gratis ini mendapatkan dukungan dan sponsor dari perusahaan CP. Prima. Perusahaan pakan ikan tersebut telah menyumbang 50 kg ikan patin dan lele segar, 7,5 kg Nila merah fillet, 20 kg Patin beku dan 1 unit kolam budar untuk percontohan.

Untuk kegiatan penilaian KRPL sendiri yang merupakan program dari badan ketahanan pangan, penyuluh perikanan berperan secara aktif dalam mengawal dan membina kegiatan budidaya lele yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam penilaian KRPL. "Kebetulan, desa Peterongan ini mewakili Kecamatan Peterongan dalam penilaian program kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tingkat Kabupaten Jombang" jelas Sigit.

Dalam kesempatan ini, Sigit juga berkesempatan mengadakan penyuluhan dan sosialisasi budidaya lele di kolam terpal dilahan pekarangan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat khususnya ibu-ibu PKK sehingga mempunyai kemampuan untuk berbudidaya ikan skala rumah tangga dan menjadikan ikan sebagai salah satu  menu olahan sumber protein hewani pada masing-masing rumah tangga.

"Pembinaan bidang perikanan di desa ini akan terus dilakukan secara sinergi dengan bidang yang lain melalui penyuluh perikanan sebagai agen perubahan dalam pembangunan sektor perikanan" tegas Sigit.

Seperti diketahui bersama bahwa Hari Ikan Nasional pertama kali diperingati tahun 2014 melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Hari Ikan Nasional yang ditandatangani pada 24 Januari 2013. Melalui Hari Ikan Nasional ini diharapkan mampu menggugah kesadaran nasional tentang peran penting sektor kelautan dan perikanan dalam pembangunan Indonesia. 21 November sendiri juga bertepatan dengan peringatan World Fisheries Day atau Hari Perikanan Dunia. (A004-MN)

Narasumber: Dodie Prasetiyo, S.ST.Pi
Penyuluh Perikanan Kabupaten Jombang
Share:  

0 komentar:

Posting Komentar