3 Des 2016

Penyuluh Perikanan Mojokerto Bina Kelompok dengan Praktek Pengkayaan Probiotik untuk Budidaya Ikan

FKP3D, Korwil Barat - Mojokerto, 30 November 2016. Dalam rangka menambah ketrampilan dan pengetahuan pelaku utama perikanan, penyuluh perikanan PNS Daerah kabupaten Mojokerto, Ratih Damayanti, S.Pi mengadakan kegiatan pengkayaan probiotik di Pokdakan Mina Santosa, Desa Kedunglengkong, Kecamatan Dlanggu.
Kegiatan praktek pembuatan probiotik
Kegiatan penyuluhan tentang pengkayaan probiotik penting untuk dilaksanakan karena probiotik memegang peranan yang penting dalam usaha budidaya ikan. Probiotik merupakan organisme renik/ mikroba yang bersifat menguntungkan yang sengaja ditambahkan dalam usaha budidaya ikan.

Adanya probiotik akan menekan populasi mikroba jahat yang berada di saluran pencernaan ikan dengan cara berkompetisi untuk menempati ruang dan kesempatan untuk mendapatkan nutrisi. Selain itu, bakteri probiotik juga dapat menghilangkan senyawa beracun dengan cara menetralkan senyawa-senyawa tersebut menajadi senyawa yang tidak beracun.

Selain itu, probiotik juga dapat menghasilkan senyawa antibiotik yang dapat meningkatkan kekebalan ikan sehingga ikan tidak mudah terserang penyakit dan juga dapat membantu meningkatkan jumlah makanan alami pada kolam budidaya.

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi penyuluhan tentang probiotik, kemudian dilanjutkan dengan praktek pembuatannya. Anggota kelompok Mina Santoso terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut karena mendapatkan pembelajaran baru mengenai resep dan cara membuat pengkayaan probiotik.

"Dalam kegiatan praktek pembuatan pengkayaan probiotik, semua anggota ikut terlibat sehingga masing-masing anggota mengetahui pasti tahapan proses pembuatan probiotik karena mereka melaksanakan sendiri" jelas Ratih.

"Metode penyuluhan seperti ini kami anggap cukup efektif karena tidak hanya pemberian materi saja akan tetapi anggota kelompok terlibat langsung dalam pembuatannya, dan yang paling penting adalah hal ini sesuai dengan kebutuhan yang ada pada kelompok, dimana akhir-akhir ini dikarenakan curah hujan yang tinggi, perlu dilakukan tindakan-tindkan preventif agar ikan yang dibudidayakan tetap dalam keadaan sehat salah satunya dengan cara pembuatan pengkayaan probiotik" lanjut Ratih menjelaskan. (A001-ML)
Share:  

1 komentar: