29 Nov 2016

Penyuluh Perikanan Purbalingga Jadi Narasumber Pelatihan Budidaya Lele di Wilayah Binaannya

FKP3D, Korwil Barat - Ria Dwi Peristianingrum, SP, Penyuluh perikanan Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga-Jawa Tengah, sejak kemarin dan hari ini Senin-Selasa, 28-29 November 2016 dipercaya untuk menjadi narasumber dalam pelatihan Budidaya Lele Secara Intensif di Wilayah Binaannya. Kegiatan pelatihan yang diadakan di Desa Pandansari, Kecamatan Kejobong ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan yang bersumber dari dana desa (DD).
Penyuluh perikanan sedang memaparkan materi pelatihan tentang budidaya lele
Pelatihan yang dilaksanakan di balai desa setempat tersebut, diikuti oleh 20 orang peserta yang rata-rata adalah para pemuda. Mereka terlihat mengikuti pelatihan dengan antusias. Kegiatan pelatihan budidaya lele ini merupakan gagasan dari desa setempat yang telebih dahulu telah dikonsultasikan kepada penyuluh perikanan.

Menurut Ria, Pelatihan budidaya lele dilakukan bukan tanpa alasan. Desa memandang bahwa sektor perikanan merupakan sektor yang penting di daerahnya sehingga kegiatan perikanan khusunya budidaya lele harus dilakukan dengan cara yang benar, terstruktur dan teritegrasi. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman secara mendalam dan detail tentang kegiatan budidaya ikan lele melalui kegiatan pelatihan.
Peserta pelatihan terlihat serius mendengarkan penjelasan dari narasumber
"Saya berpendapat bahwa penyuluh perikanan memang sangat dibutuhkan, terutama dalam hal peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pelaku utama terkait manajemen budidaya ikan yang benar" Jelas Ria.

"selama ini saya melihat bahwa usaha budidaya yang dilakukan oleh masyarakat di desa Pandansari hanya sebagai sambilan saja, jadi harapannya, setelah mereka mengikuti pelatihan mereka bisa tergerak untuk mengusahakan kegiatan budidaya ikan secara serius dan dijadikan sebagai sumber utama mata pencaharian mereka" Lanjut Ria bersemangat.

Secara garis besar, materi penyuluhan yang dibawakan oleh penyuluh perikanan selama 2 (dua) hari adalah mengenai dinamika kelompok, pengenalan ikan lele, pembenihan lele, pembesaran dan manajemen pakan, serta pengenalan Azolla sebagai pakan alami.
Share:  

0 komentar:

Posting Komentar