30 Nov 2016

Penyuluh Perikanan Kabupaten Katingan Berhasil Meraih Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara 2016

Prestasi membanggakan kembali kembali ditorehkan penyuluh perikanan dikancah Nasional. Maria Magdalena Eka Asi, S.Pi, meraih penghargaan tertinggi bidang ketahanan pangan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) kategori pelayan/ penyuluh perikanan tahun 2016. Penghargaan ini, diserahkan secara langsung oleh Presiden hari ini, Rabu, 30 November 2016 di Istana Negara, Jakarta.
Suasana gladi bersih penerimaan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara, 29 November 2016
Adhikarya Pangan Nusantara merupakan peghargaan tertinggi dibidang ketahanan pangan yang diberikan guna mendorong semangat, kreatifitas, dan partisipasi masyarakat dan aparatur pemerintah dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan.

Maria Magdalena Eka Asi, S.Pi merupakan salah satu dari 12 orang di Indonesia yang mendapat penghargaan APN kategori pelayanan ketahanan pangan. Maria, terpilih karena berbagai prestasinya dibidang penyuluhan perikanan antara lain sebagai penyuluh perikanan teladan 7 besar nasional tahun 2015, 5 besar lomba karya tulis ilmiah inovasi bidang perikanan, berhasil membawa kelompok binaannya 6 besar lomba GEMPITA, dan concern terhadap kegiatan penyuluhan perikanan.

Maria merupakan penyuluh perikanan yang bekerja pada Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Katingan, Sekaligus sebagai koordinator penyuluh perikanan dan ketua DPD IPKANI Kalimantan Tengah.
Maria Magdalena Eka Asi, S.Pi berpose di Istana Negara sesaat setelah menerima penghargaan APN 2016
Diraihnya penghargaan APN ini merupakan wujud bahwa presatasi yang ditorehkan oleh penyuluh perikanan daerah patut dibanggakan, dengan keterbatasan yang ada, penyuluh perikanan ternyata mampu berperan dan berpresasi sesuai tugas dan fungsi pokoknya sebagai aparatur pemerintah.

"Saya berharap dengan dirainya penghargan ini bisa lebih memotovasi saya dalam bekerja dan menjadi pelayan masyarakat" Ucap Maria. "hal ini juga sebagai wujud nyata kinerja penyuluh perikanan, sehingga pemerintah pusat dapat memperhatikan dan menghargai profesi penyuluh perikanan yang merupakan agen perubahan pembangunan masyarakat perikanan dan kelautan" Lanjut Maria.

Menurut Maria, Penyuluh perikanan mempunyai tugas yang sangat mulia yaitu sabagai pelayan masyarakat yang diharapkan mampu mendorong pelaku utama perikanan dalam rangka peningkatan produksinya sehingga dapat menjaga ketahanan pangan dibidang perikanan. (A001.ML)
Share:  

1 komentar: