25 Nov 2016

Penyuluh Perikanan Kabuapten Biak Numfor Kawal Bantuan Benih Nila dari Pemerintah Pusat

FKP3D, Korwil Timur - Penyuluh perikanan kabupaten Biak Numfor hari ini, 24 November 2016 telah melakukan pengawalan dan distribusi bantuan benih ikan Nila kepada 10 Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang tersebuat di distrik Andey.
Proses pengangkutan bantuan benih nila di Bandara Sentani, Jayapura
Bantuan bibit Nila tersebut merupakan salah satu bantuan sarana dan prasarana dari pemerintah pusat. Eko Saputro Yuantono, salah satu penyuluh perikanan yang melakukan pengawalan dan distribusi benih mengatakan bahwa benih ikan didatangkan dari Koya Timur, Jayapura dan dikirim via pesawat sriwijaya.

"Dari rencana 450 ribu yang datang baru 216 ribu ekor dan diklaim bahwa 1 coolbox berjumlah 3000 ekor, tetapi setelah disampling dan dilakukan perhitungan, ternyata isinya tidak sampai 1000 ekor" ujar Eko. Kendala lain yang disampaikan oleh Eko adalah bahwa ternyata mortalitas benih yang ada dikantong termasuk tinggi yaitu mencapai sekitar 5000 ekor.
Benih ikan nila yang mati di dalam coolbox, sebelum di distribusikan ke Pokdakan
Pengawalan dan pendistribusian benih ikan kepada pokdakan disertai dengan penandatanganan berita acara serah terima oleh ketua pokdakan dan penyuluh perikanan setempat sebagai saksi.

Seperti diketahui bahwa bantuan benih merupakan salah satu program prioritas KKP melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB). Bantuan benih ditargetkan mencapai 100 juta benih pada tahun ini. Program bantuan 100 juta ekor benih kepada masyarakat ini dgulirkan dengan maksud untuk meningkatkan semangat para pembudidaya dalam melakukan usahanya serta membantu Pokdakan yang kesulitan dalam memperoleh benih ikan.

Diberitakan pula bahwa target target 100 juta benih pada 2016, sampai Oktober ini ternyata sudah melampaui target, DJPB telah menyalurkan krang lebih 153 juta ekor benih ikan.

Kontributor:
Eko Saputro Yuantono
Penyuluh Perikanan Kabupaten Biak Numfor, Papua
Share:  

0 komentar:

Posting Komentar